Usia Ideal untuk Menikah Menurut Psikologis, Undang-Undang dan Islam

Usia Ideal - Usia ideal untuk menikah seringkali menjadi perdebatan, ada yang memilih untuk menikah di usia muda dan ada juga yang memutuskan menikah disaat sudah mapan. 

Usia Ideal untuk Menikah - Menikahmuda.com

Sebetulnya ada rentang usia yang dapat menjadi pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk menikah. Beberapa diantaranya mulai dari peraturan perundang-undangan, secara psikologis dan juga dalam islam. 

Sebagai perbandingan usia ideal untuk menikah di setiap negara pun berbeda-beda, tergantung dari peraturan pemerintah dan kultur dari masyarakat setempat.

Dalam buku Jangan Asal Nikah karya Anna Muthmainah, Di Arab Saudi usia rata-rata perempuan yang menikah adalah 25 tahun sedangkan pria 27 tahun. Sedangkan di Amerika Serikat untuk wanita 27 tahun dan Pria 

Sedangkan di Indonesia rata-rata pernikahan berada di usia dibawah 25 tahun. Sekarang mari kita coba ulas usia ideal menikah dari berbagai pandangan.

Baca Juga :


Usia Ideal Menikah Menurut Undang-Undang

Dalam Pasal 7 Ayat (1) UU Nomor 16 Tahun 2019. Bahwa usia yang diizinkan untuk menikah baik wanita maupun lelaki harus berusia 19 tahun.

Namun, apabila belum mencapai usia tersebut dapat mengajukan permohonan ke pengadilan.

Tentunya kebijakan tersebut melihat dari kultur yang ada dimasyarakat kita saat ini. Yang masih banyak menikahkan anaknya di usia yang masih sangat muda dengan kemampuan untuk menafkahi keluarganya yang masih belum matang.


Usia Ideal Menikah Menurut Psikologi

Menurut psikolog lulusan Universitas Indonesia, Elly Rusman Musa, usia ideal menikah bagi wanita dan pria adalah 25 tahun. Dikarenakan pada usia tersebut, kondisi mental seseorang di usia tersebut sudah matang sehingga dianggap mampu untuk menjalani biduk rumah tangga pernikahan.

Pendapat ini juga didukung dari hasil penelitian yang terbit dalam Jurnal Sosial dan Hubungan Personal pada tahun 2012. 


Usia Ideal Menikah Menurut BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional)

Menurut perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Timur, Sukaryo Teguh Santoso, mengungkapkan bahwa beliau merekomendasikan usia pernikahan yang ideal di usia yang sudah matang, yaitu di usia 21 tahun untuk wanita dan 25 tahun untuk pria.

Di usia tersebut, fisik, mental dan kesehatan seseorang sudah siap untuk menikah. Dalam penelitian yang dilakukan BKKBN juga menyebutkan usia kawin setiap perempuan memiliki resiko dalam persalinan.

Semakin muda wanita menikah dan hamil, akan semakin beresiko pada saat persalinan bagi ibu dan anak dalam kandungannya. Begitu pula kalau hamil di usia yang terlalu tua.

Baca Juga :


Usia Ideal Menikah Menurut Islam

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wassalama bersabda,

"Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian telah mampu serta berkeinginan untuk menikah maka hendaklah ia menikah. Karena sesungguhnya pernikahan itu dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Dan, barang siapa tidak mampu maka hendaklah ia berpuasa karena sesungguhnya puasa itu dapat menjadi tameng baginya (melemahkan syahwat)." (H.R. Muttafaq ‘Alaih)

Dalam Al Qur'an dan Hadist Rasulullah tidak menyebutkan secara spesifik tentang usia ideal untuk menikah.

Akan tetapi yang menjadi tolak ukur dalam islam bukanlah dari usianya akan tetapi dari "mampu" dan sudah aqil baligh. 

Mampu disini artinya memiliki kemampuan dalam mencari nafkah, berjimak, memiliki tanggung jawab dan dapat membedakan mana yang baik dan buruk baginya.

Kemampuan dan kematangan emosional setiap orang pasti berbeda satu sama lain tidak dibatasi oleh usia dan biasanya kemampuan dan kematangan emosional tersebut tergantung dari lingkungan dan kondisi yang ia alami.

Terkait penentuan kapan usia aqil baligh, para fuqaha dan ulama berbeda pendapat dalam menentukan batas usia baligh bagi laki-laki dan perempuan.

  1. Imam Syafi‟i dan Hambali menyatakan bahwa usia baligh untuk anak laki-laki dan perempuan adalah 15 tahun
  2. Imam Malik menetapkan usia 17 tahun
  3. Imam Hanafi menetapkan usia baligh untuk laki-laki adalah 18 tahun sedangkan perempuan 17 tahun

Pendapat Imam Hanafi dalam hal usia baligh ini adalah batas maksimal, sedangkan usia minimalnya adalah 12 tahun untuk anak laki-laki dan 9 tahun untuk anak perempuan, sebab pada usia tersebut seorang anak laki-laki mimpi mengeluarkan sperma, menghamili dan mengeluarkan mani (diluar mimpi), sedangkan pada anak perempuan dapat hamil dan haid.

Pada prinsipnya Islam tidak melarang secara terang-terangan terkait pernikahan usia muda, namun islam pun tidak pernah mendorong atau mendukung pernikahan usia muda/dibawah umur. Apalagi tidak memperhatikan aspek mental, hak anak, psikis dan fisik serta kebiasaan dalam masyarakat.

Akan tetapi yang didorong dalam islam adalah untuk menyegerakan pernikahan bila sudah mampu agar dapat menjaga diri dari perbuatan maksiat. Bila belum mampu untuk menikah, maka dianjurkan untuk memperbanyak puasa.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah kesiapan dan kematangan kedua pasangan dalam menempuh kehidupan berkeluarga sehingga akan ada saling memahami, mengerti, berbagi rasa dan saling menasihati antara suami-istri dalam mengarungi bahtera rumah tangga dalam rangka untuk beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Jadi, usia ideal untuk menikah sebenarnya akan berbeda pada setiap orang. Karena tingkat kematangan emosional dan kemampuan seseorang tidak bergantung pada usianya akan tetapi lingkungan yang akan membentuk kematangan dan kemampuan tersebut.

Bila melihat Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wassalam saat pertama kali menikah, Beliau menikahi Khadijah Radhiyallahu anha pada usia 25 tahun. Dengan kondisi sudah memiliki pekerjaan yang cukup untuk menafkahi istrinya.

Wallahu A'lam Bishawwab


Penelusuran Terkait :

  • umur ideal menikah wanita
  • usia ideal menikah dalam islam
  • usia ideal menikah bkkbn
  • umur ideal menikah pria
  • usia ideal wanita menikah dalam islam
  • menikah umur berapa
  • usia ideal menikah menurut kesehatan
  • Usia ideal menikah pria dan wanita menurut islam?
  • Usia ideal menikah untuk laki-laki?
  • Rata rata orang menikah umur berapa?
  • Usia ideal menikah dan punya anak ?


Sumber :

  • https://kumparan.com/hello-ladies/usia-ideal-menikah-menurut-bkkbn-psikolog-dan-rasulullah-1w3Un023aGP/full
  • Muh. Jawad Mughiyah,Fiqh Lima Mazhab,(Jakarta: Lentera, 2003), h. 317.
  • Riana Kesuma Ayu, http://websiteayu.com/nikah-dibawah-umur-menurut-fiqih-Islam

Posting Komentar

0 Komentar