Cara Menghemat Biaya Pernikahan, Gak Bikin Pusing Lagi

Menghemat Biaya Nikah - Biaya pernikahan yang tinggi membuat sebagian para kawula muda pusing hingga takut untuk melangsungkan pernikahan.

Cara Menghemat Biaya Pernikahan - Menikahmuda
Cara Menghemat Biaya Pernikahan - Menikahmuda

Yang perlu kamu ingat, bahwa pernikahan bukanlah tujuan akhir dari sebuah cinta kasih pasangan. Namun pernikahan merupakan pintu gerbang bahtera rumah tangga kamu bersama pasangan.

Oleh karena itu, bersikap bijaklah dalam membuat anggaran pernikahan dan merencanakan resepsi pernikahan

Baca Juga :

Tapi tenang dulu, kamu masih bisa kok mewujudkan resepsi pernikahan idaman kamu. Yang perlu kamu lakukan adalah menghemat dan memotong anggaran yang tidak terlalu penting.

Menikah muda akan memberikan beberapa tips atau cara menghemat biaya nikah, shingga kamu bisa terapkan sendiri. Simak selengkapnya dibawah ini.


Gunakan Undangan Digital / Online

Dengan kemajuan dunia teknologi, kini kamu tidak perlu lagi mencetak banyak kartu undangan dan ribet mengantar undangan kesana kemari.

Karena sekarang kamu bisa mengganti undangan cetak dengan undangan digital. Bentuknya bisa berbagai macam seperti undangan jpg, video dan website.

Masing-masing undangan ada kelebihan dan kekurangannya, namun dengan undangan digital kamu bisa lebih hemat dan lebih praktis. Karena hanya dengan bayar sekali kamu bisa sebar sebanyak-banyaknya.

Seperti undangan website dari walimahanid, dengan hanya 89ribu aja kamu sudah bisa sebar undangan ke kerabat terdekat dan teman-temanmu. Dan saat kirim undangannya bisa ganti nama tamu undangannya sehingga terlihat lebih personal.

Undangan Digital Online by Walimahanid | 081211418687
Undangan Digital Kekinian - Walimahanid

Namun tidak dapat dipungkiri, kamu tetap membutuhkan undangan fisik untuk orang tua atau kerabat yang harus dihormati.


Kurangi Jumlah Tamu Undangan

Bagaimanapun salah satu yang membuat anggaran pernikahan bengkak adalah jumlah tamu undangan. Karena dengan banyaknya tamu undangan, kamu juga perlu menyiapkan souvenir dan catering sesuai yang diundang.

Kamu tidak mau kan saat tamu undangan hadir ternyata catering sudah habis, kamu pasti akan merasa tidak enak terhadap tamu undangan.

Selain itu, terkadang undangan yang paling banyak merupakan undangan dari orang tua. Untuk hal ini kamu perlu diskusikan dengan orang tua. Seberapa banyak undangan yang bisa disebar.


Biaya Akad Nikah GRATIS

Tahukah kamu, bahwa akad nikah bisa saja gratis tanpa mengeluarkan sepeserpun uang ? 

Berdasarkan peraturan pemerintah no 48 Tahun 2014, akad nikah yang diselenggarakan di Kantor Urusan Agama (KUA) pada hari dan jam kerja tidak dipungut biaya alias gratis.

Sementara akad nikah yang diselenggarakan diluar KUA akan dikenakan biaya Rp. 600 ribu dan dibayar melalui bank atau kantor pos.

Baca Juga :


Lokasi Resepsi

Jika anggaran pernikahan kamu tidak cukup untuk menyewa gedung, tidak ada salahnya untuk mengadakan resepsi di rumah atau dilapangan dekat rumah agar tidak mengganggu pengguna jalan.

Kalau memang kondisi yang tidak memungkinkan dirumah, kamu bisa mencoba alternatif lain seperti menyewa gedung serbaguna atau GOR yang budgetnya lebih murah.

Perlu diperhatikan bahwa resepsi pernikahan sebenarnya tidak harus digedung atau tempat mewah, yang penting adalah tempatnya layak dan cukup untuk melangsungkan pernikahanmu


Menikah di Hari Kerja

Bila kamu tetap ingin melangsungkan resepsi pernikahan di gedung, cobalah untuk menikah di hari kerja. Karena biaya sewa gedung pada hari kerja lebih murah dibanding akhir pekan.

Kamu juga bisa mengadakan resepsi di sore hari, agar teman-temanmu yang bekerja juga bisa menghadiri resepsi pernikahanmu


Sewa Gaun Pengantin Bonus MUA

Dibandingkan kamu harus membeli gaun pengantin yang mungkin hanya dipakai sekali saat resepsi. Akan lebih hemat bila kamu menyewa gaun pernikahan.

Jika orang tuamu masih memiliki gaun pernikahan, tentunya menggunakannya kembali akan lebih hemat dibandingkan harus membeli.

Agar lebih hemat, coba kamu cari vendor yang menyediakan paket sewa gaun plus MUA nya.

Sekarang juga banyak kok, yang menyewakan gaun pernikahan dengan desain gaun yang cantik dan menarik.


Seragam Keluarga dan Bridemaids

Penting atau tidak sih menyiapkan seragam keluarga dan bridemaids yang senada dengan baju pengantin ? Jika memberatkan bagimu, maka jangan takut atau sungkan untuk memberitahu saudara dan sahabatmu 

Dibanding harus membelikan bahan atau menyewakan kebaya dan baju adat. Cukup kembaran warna dan kemeja batik juga keren kok.


Memilih Souvenir

Tidak perlu souvenir yang mewah, kamu bisa memilih souvenir yang sederhan tapi unik. Sehingga dapat selalu diingat oleh tamu undanganmu.

Misalnya disaat pandemi seperti ini, kamu bisa memberikan souvenir berupa alat kebersihan dan kesehatan seperti hand sanitizer, vitamin C, masker, dll.

Atau mau souvenir yang umum, kamu bisa pilih barang-barang yang dapat digunakan seperti pulpen, gantungan kunci, sendok, atau sedotan stainless.


Gunakan Jasa Teman

Jika ada teman atau saudara yang memiliki keterampilan dibidang make up, fotografi ataupun WO. Tidak ada salahnya bila kamu menggunakan jasa mereka.

Dengan begitu kamu bisa mengkonsultasikan resepsi pernikahanmu yang cocok dan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Biasanya kalau ke teman kita tidak sungkan untuk menyesuaikan biaya yang kamu miliki.

Meski pernikahan merupakan momen 1 kali dalam hidup, namun pernikahan bukan menjadi sebuah akhir dari perjalanan cintamu melainkan merupakan awal dari bahtera rumah tanggamu.

Oleh karenanya lebih baik tabungan yang kamu miliki tidak seluruhnya digunakan untuk resepsi pernikahan. Karena kehidupan pernikahan barulah dimulai setelah selesai akad dan resepsi.

[menikahmuda]


Penelusuran Terkait :

  • Biaya masak sendiri untuk pernikahan
  • Tips resepsi pernikahan
  • Cara membagi budget pernikahan
  • Cara mempersiapkan biaya pernikahan
  • Tips nikah
  • Budget nikah 20 juta
  • Biaya dekorasi pernikahan sederhana
  • Biaya nikah sederhana 10 juta
  • Biaya masak sendiri untuk pernikahan
  • Cara mempersiapkan biaya pernikahan
  • Tips resepsi pernikahan
  • Cara membagi budget pernikahan
  • Solusi biaya nikah

 


Posting Komentar

0 Komentar