Tips Menikah Hanya Dengan Uang 1 Juta, Bisa kah ?

Tips Menikah Hanya Dengan Uang 1 Juta Rupiah - menikahmuda
Menikah di KUA - (foto:surya.co.id/doni prasetyo)

Menikahmuda - Pernikahan merupakan sebuah impian setiap pasangan, namun ada banyak sekali yang perlu dipertimbangkan sebelum menikah salah satunya adalah biaya pernikahan. Kamu juga bisa lihat Hal Yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Menikah.

Terkait biaya pernikahan ada berbagai macam pos pengeluaran yang perlu kamu perhatikan seperti biaya gedung, undangan, katering, make up, souvenir, seragam, dokumentasi, dan pengisi acara.

Namun tidak semua pasangan memiliki kemampuan finansial yang baik, jika kamu memang belum bisa memenuhi seluruh pos pengeluaran diatas. Tidaklah menjadi persoalan, karena pos pengeluaran tersebut bukan sesuatu yang wajib kamu lakukan.

Karena rukun nikah dan syarat sah nikah tidak menyebutkan harus mengadakan pesta yang mewah, baju keluarga harus seragam, ataupun dokumentasi yang keren. Hanya saja pos-pos pengeluaran diatas sudah menjadi kebiasaan ditengah-tengah masyarakat kita. Sehingga jika tidak melakukan atau memberikan yang terbaik akan menjadi perbincangan di tetangga.

Tapi sebenarnya dalam Islam, rukun nikah yang harus dipenuhi hanya ada 5 poin :

  1. Mempelai Lelaki
  2. Mempelai Wanita
  3. Wali dari Pihak Wanita
  4. 2 Orang Saksi Nikah
  5. Ijab Qobul Akad Nikah

Bila kedua keluarga belum memiliki kemampuan finansial jangan dipaksakan hingga harus berhutang untuk mengadakan pesta pernikahan. Jangan hanya untuk dipandang hebat atau gengsi yang tinggi kamu atau keluarga sampai meninggalkan hutang setelah pesta pernikahan.

Jadi pertanyaannya, apakah bisa menikah hanya dengan uang 1 juta ?

Jawabannya tergantung dari lifestyle dan kemampuan finansial kamu, jika hanya ingin sah menurut agama dan negara, menikah dengan uang 1 juta sudah cukup untuk menghalalkan pujaan hatimu. Namun jika menuruti lifestyle dan ingin dipandang oleh tetangga dan saudara akan ada banyak biaya pernikahan yang membengkak.


Tips Menikah Hanya Dengan Uang 1 Juta

Bagaimana caranya untuk melaksanakan pernikahan dengan uang 1 juta rupiah, berikut kami berikan tips menikah dengan uang 1 juta saja.

Tips Menikah Hanya Dengan Uang 1 Juta Rupiah - menikahmuda
Pengantin Muslimah - (foto:instagram.com/edast)


Mahar Dengan Uang 1 juta

Terkait besaran mahar yang harus diberikan mempelai pria kepada mempelai wanita, sebenarnya tidak ada syarat dan ketentuan khusus yang mengatur bahwa mahar harus cincin, kalung emas ataupun uang harus 30 juta.

Mahar juga dapat diberikan dalam bentuk lain, seperti seperangkat alat sholat, hafalan al qur'an atau apa saja yang dapat diambil manfaatnya.

Bahkan mahar yang diminta oleh ummu sulaim kepada abu thalhah bukanlah emas ataupun perak tapi beliau meminta keislaman abu thalhah yang sebelumnya seorang kafir.

Tsabit seorang perawi hadits berkata, dari Anas RA, "Tidaklah aku mendengar ada seorang wanita yang lebih mulia maharnya dari pada Ummu Sulaim yang mana maharnya adalah al-Islam."

Dikisahkan pula, ada seorang pria yang meminta untuk dinikahkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasalam, namun dia tidak memiliki apapun sebagai mahar walau sekedar cincin dari besi.

Lalu Rasulullah bertanya padanya, ‘Apakah Kamu menghafal Al-Qur’an?’ Ia menjawab, ‘Ya, aku hafal surat ini & surat itu (dia menyebutkan beberapa surat di dalam Al-Qur’an). ‘Maka beliau saw bersabda, ‘Aku menikahkan Kamu dengannya dengan mahar berupa surat Al-Quran yang Kamu hafal itu’. (disarikan dari hadits yang cukup panjang di dalam Kitab Shahih Bukhari no: 1587).

Jadi tidak mengapa jika kamu memberikan mahar dengan hafalan dan mengajarkan Al Qur'an, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasalam, ‘Bergegaslah & ajarkan dia dua puluh ayat, maka dia resmi menjadi istrimu.’ (HR Bukhari)

Dalam kisah lain, ketika Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasalam menikahkan putrinya fathimah Radhiyallahu Anha dengan Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu anhu menggunakan baju besi milik sayyidina Ali, karena saat itu Ali termasuk pemuda yang tidak memiliki harta yang banyak.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, ‘‘Setelah Ali menikah dengan Fatimah, Rasulullah SAW mengatakan kepadanya, “Berikanlah sesuatu padanya (Fathimah).’’ Ali menjawab: Aku tidak punya sesuatu pun.’ Maka beliau saw bersabda, ‘Dimana baju besimu? Berikan baju besimu itu padanya.’ Maka Ali kemudian memberikan baju besinya pada Fatimah. (HR Abu Dawud & Nasa’i).

Teruntuk mahar yang akan diberikan, kamu dapat komunikasikan dengan istrimu mahar apa yang menjadi permintaannya. Jangan sampai kamu memberikan mahar seperangkat alat sholat, namun calon istrimu ternyata memiliki mukena yang cukup banyak modelnya. Sehingga menjadi mubazir nantinya,

Perlu diingat juga, bahwa wanita yang baik dan sholehah tidak akan memberatkan/menyulitkan calon suaminya dalam urusan mahar. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasalam, ‘‘Sebaik-baik wanita ialah yang paling murah maharnya.’’ (HR. Ahmad, ibnu Hibban, Hakim & Baihaqi)

Namun bukan berarti sebagai seorang lelaki kemudian kamu memberikan mahar yang seadanya saja, jika mengikuti apa yang dilakukan rasulullah dalam urusan mahar, beliau selalu memberikan mahar yang terbaik kepada istri-istrinya.

Abu Salamah telah menceritakan, ‘’Aku pernah bertanya pada Aisyah ra, ‘Berapa mahar Nabi SAW untuk para istrinya?’ Aisyah menjawab, ‘Mahar beliau saw untuk istri-istrinya ialah sebanyak 12 uqiyah & satu nasy.’ Kemudian Aisyah bertanya, ‘Tahukah Kamu berapa satu uqiyah itu?’ Aku menjawab, ‘tidak’ Aisyah pun menjawab, ‘empat puluh dirham.’ A’isya’ bertanya, ‘Tahukah kamu berapa 1 nasy itu? Aku menjawab, ‘tidak’. Aisyah kemudian menjawab, “Dua puluh dirham’. (HR. Muslim).

Umar bin Khattab mengatakan, ‘Aku tidak pernah mengetahui bahwa Rasulullah SAW menikahi seorang juga dari istrinya dengan mahar yang kurang dari 12 uqiyah.’ (HR. Tirmidzi).

Meski dalam islam tidak mengatur besaran mahar yang harus diberikan, namun bagi kamu seorang lelaki jangan menyepelekan mahar dengan memberikan yang kurang layak bagi calon istrimu, dan bagi kamu seorang wanita jangan meminta mahar yang memberatkan calon suamimu.

Berikanlah mahar yang sesuai dengan kemampuanmu.

Tips Menikah Dengan Uang 1 Juta - Menikah Muda
Menikah di Rumah - (foto:anteroaceh.com)


Walimatul Ursy / Resepsi Dengan Uang 1 Juta

Meski walimatul ursy atau resepsi atau pesta pernikahan tidak termasuk sebagai rukun dan syarat sah nya pernikahan, namun mengadakan resepsi / walimatul ursy termasuk sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasalam, meski hanya sekedar menyembelih domba untuk menjamu tamu undangan.

Dari Anas bin Malik, ia berkata : “Sesungguhnya Rasulullah SAW. mengadakan walimah ketika menikah dengan Shofia dengan makanan gandum dan kurma.” (HR. Ibnu Majah)

Juga dari Anas bin Malik, ia berkata : Sesungguhnya Rasulullah SAW. melihat pada Abdurrohman bin Auf terdapat bekas minyak wangi, lalu Nabi bertanya, “Ada apa gerangan? Mengapa kamu melakukan ini ?” Lalu Abdurrohman menjawab, “Wahai Rasulullah SAW. saya telah menikah dengan seorang perempuan dengan mahar sekeping emas.” Lalu Rasulullah menjawab, “Semoga Allah memberikan barokah padamu dan adakanlah walimah walaupun hanya dengan menyembelih seekor kibas(domba).” (HR. Ibnu Majah)

Jika kamu belum memiliki kemampuan untuk mengadakan walimah yang cukup besar, adakanlah secara sederhana saja. Namun kamu perlu mendiskusikannya kepada keluarga inti, orang tua, saudara, calon mempelai dan keluarganya.

Disinilah perjuangan kamu, karena kebanyakan orang tua tidak ingin pernikahan anaknya terlalu biasa. Oleh karena itu kamu perlu komunikasikan dan memberikan pemahaman kepada orang tuamu.


Undangan Dengan Uang  1 Juta

Meski undangan bukan menjadi sebuah kewajiban bagi dalam sebuah pernikahan, namun undangan menunjukkan penghormatan dan lebih sopan mengundang orang untuk hadir ke acara pernikahanmu.

Saat ini sudah banyak yang menggunakan undangan digital, baik itu undangan digital dalam bentuk website, gambar atau video.

Undangan Digital - Walimahanid

Menggunakan undangan digital dapat menghemat pengeluaran pernikahanmu. Jika kamu memiliki budget yang minim, disarankan untuk menggunakan undangan digital.

Namun kelemahan undangan digital adalah kamu tidak bisa memperkirakan tamu yang akan hadir berapa banyak, sehingga kamu perlu meyiapkan sajian yang banyak pula. Kamu tidak mau kan kalau tamu undanganmu tidak kebagian makan.

Itulah mengapa undangan cetak untuk saat ini masih banyak yang menggunakan, karena lebih terukur jumlah tamu yang akan datang.

Undangan Murah di Tangerang - Walimahanid
Undangan Pernikahan Murah di Tangerang - Walimahanid


Catering Dengan Uang 1 juta

Salah satu pos pengeluaran yang paling besar saat acara pernikahan adalah catering, biasanya hingga 40% - 50% dari total pengeluaran.

Jika budget kamu terbatas dan ingin tetap menjamu tamu undangan dengan dana yang terbatas, kamu bisa batasi tamu undangan hanya untuk tetangga dekat dan keluarga besar saja.

Dengan budget pernikahan hanya 1 juta, berarti kamu tidak bisa menyediakan makan besar, karena kemungkinan tidak akan cukup. Ganti menu makan besar dengan menyediakan kue, roti atau makanan ringan lainnya.

Jika keuangan kamu memang terbatas, tetangga dan kerabat kamu pasti akan mengerti kok.


Foto Wedding Dengan Uang 1 Juta

Kenangan di hari bahagia pastinya tidak ingin terlupa begitu saja, inilah alasan kenapa dokumentasi saat pernikahan sangatlah penting.

Tapi biaya pengeluaran untuk fotografer profesional cukup menguras kantong, namun hasil foto nya tidak diragukan lagi.

Untuk mensiasatinya, kamu bisa meminta bantuan kepada temanmu yang memiliki kamera untuk mendokumentasikan acara pernikahanmu. Untuk membalas kebaikannya, kamu bisa mengajak dia makan atau memberikan tanda jasa pasca acara pernikahan.

Foto Wedding dengan Biaya 1 Juta - Menikah Muda
Foto Bersama Teman - Menikah Muda


Gedung / Tenda Dengan Uang 1 Juta

Selain catering, biaya sewa tenda atau gedung termasuk pos pengeluaran yang besar di pesta pernikahanmu.

Sayangnya jika kamu hanya memiliki uang 1 juta saja, sepertinya kamu belum bisa menyewa tenda atau gedung.

Untuk tempat akad, kamu bisa laksanakan di KUA kecamatan yang kamu pilih, karena menikah di KUA tidak dikenakan biaya alias GRATIS. Jika diluar KUA barulah kamu diminta untuk membayar uang sebesar Rp. 600.000.

Untuk tempat resepsi, kamu bisa menjamu tamu undangan dirumah tanpa tenda untuk tempat duduk bisa meminjam fasilitas kursi dari RT atau RW, jika RT/RW memiliki fasilitas kursi untuk warganya. Jika tidak ada alternatifnya kamu bisa menggelarkan karpet agar tamu undangan dapat duduk.


Rincian Biaya Nikah 1 Juta

  1. Menikah di KUA GRATIS
  2. Mahar hafalan al qur'an atau sesuai kemampuan senilai Rp. 300.000
  3. Undangan digital Rp. 100.000
  4. Pesta pernikahan diganti dengan acara syukuran Rp. 300.000
  5. Baju pengantin, pakai yang sudah dimiliki.
  6. Dokumentasi, ajak makan teman Rp. 200.000
  7. Biaya tak terduga Rp. 100.000
Total Biaya Nikah Rp. 1.000.000

Rincian biaya nikah diatas hanyalah ilustrasi bagi yang memiliki keuangan yang terbatas. Bahwa pernikahan tidak melulu tentang mewah dan gengsi. 

Rekomendasi Buku Pernikahan - Rumah Buku Naya
Rekomendasi Buku Pernikahan - Rumah Buku Naya

Namun alangkah baiknya sebelum menikah kamu sudah memiliki tabungan yang cukup, caranya dengan mensisihkan setiap uang yang kamu dapat dari gaji ataupun hasil usahamu, cobalah untuk tidak bersikap boros dan terlalu banyak hangout yang tidak perlu, semakin banyak jalan keluar akan semakin banyak pengeluaran kamu sehingga uang yang seharusnya kamu tabung untuk persiapan masa depan habis begitu saja.

Semoga bermanfaat.

Pencarian Terkait :

  • Budget Nikah 50 Juta
  • Budget Nikah 10 Juta
  • Nikah Murah
  • Modal Menikah
  • Rincian Biaya Nikah 5 Juta
  • Biaya Akad Nikah di Rumah
  • Biaya Nikah Sederhana 10 Juta
  • Biaya Nikah di KUA
  • Contoh Rincian Anggarn Biaya Pernikahan

[menikahmuda]

Posting Komentar

0 Komentar