Alasan Wanita Perlu Menabung untuk Menikah

Menabung untuk Menikah - Pernikahan merupakan momen spesial bagi sepasang kekasih yang saling jatuh cinta. Banyak yang ingin merayakannya dengan istimewa agar menjadi kenangan indah yang tidak terlupakan seumur hidup.

Tabungan untuk Menikah - Menikahmuda

Setiap daerah memiliki adat dan kebiasaan yang berbeda saat mengadakan pesta pernikahan atau resepsi. Namun yang pasti, biaya pernikahan tersebut tidaklah murah.

Seringkali pasangan muda terbentur perkara finansial, mulai dari kebiasaan yang harus dilakukan saat resepsi. Yang sebenarnya dapat diminimalisir pengeluarannya. 

Baca Juga :

Ada juga kebiasaan bahwa biaya pernikahan ditanggung oleh pengantin pria dan pengantin wanita hanya menambah atau menutupi kekurangannya. Ada pula yang resepsi pernikahannya dilakukan oleh keluarga keluarga pengantin wanita.


Mengadakan Resepsi Pernikahan dalam Islam

Sebenarnya, siapa yang diharuskan untuk mengadakan resepsi pernikahan atau walimatul ursy' dalam islam ?

Dalam islam "Pengadaan walimah adalah tanggung jawab suami. Sebagian ulama memberikan alasan mengapa menjadi tanggung jawab suami. Karena sang suamilah yang berkewajiban menafkahi istri, dan kewajiban nafkah ini mencakup pelaksanaan pesta pernikahan keduanya." (Kitab Taudhihul Ahkam, 4:506)

Meski demikian, apakah pihak wanita boleh ikut membantu dalam pembiayaan pernikahan ? Jawabannya, Boleh Saja.


Alasan Wanita Perlu Memiliki Tabungan Nikah

Karena keluarga dan pengantin wanita pasti memiliki pernikahan idamannya, tapi terkadang tidak semua pihak lelaki memiliki kemampuan finansial yang baik.

Dengan kamu ikut menabung akan lebih meringankan biaya pernikahan dari kedua belah pihak. Namun yang perlu diperhatikan, bahwa tanggung jawab untuk memberikan biaya resepsi tetap menjadi tanggung jawab suami.

Cobalah untuk mengkomunikasikan dengan calon pasanganmu, apakah memiliki biaya yang cukup untuk mengadakan pernikahan idamanmu atau tidak.

Kamu dapat membagi porsi pembiayaannya dengan calon pasanganmu, misalnya 50:50 atau 70:30. Disesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki.

"Jangan memaksakan diri hingga berhutang, hanya untuk mengadakan resepsi yang terlihat "WAH""

Berikut 5 alasan kenapa wanita harus memiliki tabungan nikah. :


Membantu Calon Suami

Meski belum tau calon suamimu siapa, tapi alangkah baiknya kamu tetap memiliki tabungan nikah.

Dengan begitu kamu bisa sama-sama saling membantu dan melengkapi. Dalam hal ini untuk pembiayaan pernikahan.


Mewujudkan Pernikahan Impian

Pastinya kamu memiliki pernikahan yang sudah lama diidamkan, mulai dari dekorasi, gaun pengantin, MUA hingga konsep pernikahan.

Namun, tentu saja dalam mewujudkan itu semua akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Disinilah pentingnya tabungan nikah, kamu dapat mewujudkan pernikahan impianmu. Meski calon pasanganmu belum dapat memenuhi semua biayanya.


Keperluan Keluarga Wanita dan Bridemaids

Hal yang umum terjadi adalah keinginan keluarga wanita yang ingin menjadikan pernikahan putri mereka sebuah perayaan yang besar, baik itu banyaknya tamu undangan maupun dekorasi tenda atau gedung. Apalagi kalau pernikahan satu-satunya anak wanita di keluarga tersebut pasti ingin resepsi yang besar-besaran

Belum lagi kalau menginginkan sahabat atau temanmu menjadi bridemaids, tapi ini opsional sih bukan sebuah keharusan yang mesti ada di pernikahanmu.

Keperluan-keperluan tadi akan mudah disesuaikan budgetnya apabila kamu memiliki tabungan nikah. Sehingga pengeluarannya dapat kamu kendalikan.


Menunjukkan Sikap Pengertian Tanpa Memberatkan

Dengan memiliki tabungan nikah akan menunjukkan bahwa kamu adalah calon pasangan yang memiliki sikap pengertian dan tidak memberatkan calon pasanganmu.

Selain sikap pengertian, kamu juga akan terlihat memiliki manajemen keuangan yang baik, Karena dapat menyisihkan sebagian pendapatanmu untuk tabungan nikah.

Baca Juga :


Kehidupan Setelah Resepsi Pernikahan

Seringkali kita abai terhadap kehidupan setelah resepsi, resepsi pernikahan memang membutuhkan banyak dana. Namun kehidupan setelah menikah menjadi sesuatu yang lebih penting dan membutuhkan lebih banyak pengeluaran,

Alangkah baiknya pemberian dari pihak lelaki dapat disimpan untuk kehidupan setelah resepsi, tujuan dari resepsi sendiri untuk merayakan dan mengabarkan bahwa kamu dan pasanganmu sudah resmi menikah.


Adakanlah resepsi pernikahan yang tidak memberatkan calon pasangan dan keluargamu.

Tentu juga tidak akan rugi bila wanita memiliki tabungan khusus untuk biaya pernikahan. Kalau tabungannya terpakai akan sangat membantu calon pasanganmu. Tapi bila sudah cukup dana yang diberikan calonmu, maka tabungan nikahmu dapat dialokasikan ke dana yang lain. Bermanfaat kan ?


Penelusuran Terkait :

  • menabung untuk menikah dalam islam
  • pengalaman menabung untuk menikah
  • cara menabung untuk menikah dalam 6 bulan
  • menabung bersama untuk nikah
  • cara menabung untuk menikah dengan gaji 2 juta dalam setahun
  • tabungan bantu calon suami
  • tips menabung untuk menikah dalam 1 tahun
  • menikah tidak ada biaya



Sumber :

https://siapnikah.org/membagi-biaya-pernikahan-bolehkah/

https://www.idntimes.com/life/inspiration/tres/menabung-untuk-pernikahan-c1c2/5


Posting Komentar

0 Komentar