Apa yang Harus Dilakukan saat Malam Pertama ?

Malam Pertama - Malam pertama merupakan momen yang sangat istimewa dalam kehidupan pasangan yang baru menikah.

Saat-saat ini dipenuhi dengan kegembiraan, antusiasme, dan tentu saja, beberapa ketegangan. Bagi banyak pasangan, malam pertama ini menjadi tonggak awal dalam perjalanan kehidupan rumah tangga mereka.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Malam Pertama - menikahmuda.com
Apa yang Harus Dilakukan Saat Malam Pertama - menikahmuda.com

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjalani malam pertama dengan perasaan yang positif dan persiapan yang matang.

Berikut kami nukilkan pertanyaan dan jawaban yang dikeluarkan oleh Markaz Fatwa dibawah pimpinan Dr. Abdullah Al Faqih.

Baca Selangkapnya Panduan Lengkap Malam Pertama dalam Islam


Pertanyaan 

Apa syarat yang harus dilakukan seseorang saat malam pertama sesuai tuntunan islam yang dihalalkan Allah Subhanahu wa Ta'ala ?

Apa yang harus dilakukan seorang suami saat malam pertama dengan istrinya ?


Jawaban

Pernikahan merupakan salah satu dari tanda-tanda kekuasaan Allah Subhanahu wa Ta'ala yang sangat agung. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ - ٢١


Bacaan latin : Wa min āyātihī an khalaqa lakum min anfusikum azwājal litaskunū ilaihā wa ja'ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn

Artinya : "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir."

Dalam ikatan pernikahan, bersatulah jiwa dalam kasih dan sayang, dalam perlindungan, dalam kesucian, dalam kemuliaan hidup, dan dalam kekurangan yang saling ditutupi satu sama lain.

Dari pernikahan lahirlah anak keturunan hingga seiring waktu semakin mmengikat jiwa dengan jiwa dan semakin mendekatkan hati dengan hati antara suami istri.

Inilah yang Allah Subhanahu wa Ta'ala lukiskan dalam firman-Nya :

هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ

Artinya : "... Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka ..." (QS. Al Baqarah:187)


Pernikahan merupakan langkah membangun sebuah keluarga islam dan mendirikan batu bata islam dalam bangunan masyarakat islam yang terdiri dari banyak kaum muslimin.

Baca Juga Persiapan Pernikahan

Pemahaman ini yang perlu disadari oleh setiap muslim yang ingin melangkah dalam kehidupan rumah tangga sebab tidak sedikit masyarakat sekarang yang memulai kehidupan rumah tangga dengan sejumlah kegiatan yang tidak sesuai dengan keridhaan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Terkait dengan malam pertama, Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam mengajarkan, "Jika salah seorang menikahi seorang perempuan, katakanlah, 'Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang telah Engkau tetapkan untuknya. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan yang telah engkau tetapkan untuknya'" (HR. at Tirmidzi)

Lafalnya sebagai berikut "Allahumma inni as’aluka min khairiha wa khairi ma jabaltaha ‘alaihi. Wa a’udzubika min syarriha wa syarri ma jabaltaha ‘alaihi"

Selanjutnya kamu bisa berjima' dengan istrimu dan menghindari berjima' melalui dubur atau ketika istri sedang dalam kondisi haid.

Dua hal ini yang dilarang keras dalam syari'at islam dan pelanggar akan mendapatkan hukuman yang sangat keras.

Semoga Allah memberi taufik-Nya pada kehidupan rumah tangga kita dan memberkahi kita sekeluarga.

Jadi seperti itulah jawaban apa yang harus dilakukan saat malam pertama ?

Ingatlah bahwa setiap pengalaman adalah unik dan penting untuk menikmati perjalanan ini dengan penuh kebahagiaan dan cinta. Selamat menjalani malam pertama yang berkesan!

[menikahmuda]

Posting Komentar

0 Komentar