Hukum dan Sejarah Hari Valentine dalam Islam LENGKAP !

Hukum dan Sejarah Hari Valentine - Seperti yang kita tahu tanggal 14 Februari selalu diperingati sebagai hari kasih sayang. Banyak remaja muslim yang merayakannya, meski mereka tidak mengetahui bagaimanakah sejarah hari valentine. Sekedar mengikuti trend agar dikatakan gaul atau hanya sekedar mengekspresikan kasih sayangnya.

Hukum dan Sejarah Hari Valentine - Menikah Muda
Hukum dan Sejarah Hari Valentine - alleksana from Pexels

Mereka saling memberi kado khususnya kepada orang yang dikasihi. Bisa dengan coklat dan berbagai souvenir lainnya.

Sebenarnya, bagaimanakan sejarah hari valentine ? hingga dapat dikatakan hari kasih sayang. Jangan sampai kita sebagai muslim hanya ikut-ikutan tanpa tahu esensi dan sejarah kebiasaan ini dari mana asalnya.

Baca Artikel Lainnya :


Sejarah Hari Valentine

Ada banyak versi yang tersebar berkaitan dengan sejarah hari valentine. Namun pada umumnya orang mengetahui peristiwa sejarah yang dimulai ketika bangsa Romawi memperingati hari besar setiap tanggal 15 Februari yang dinamakan Lupercalia.

Perayaan Lupercalia merupakan rangkaian upacara pensucian di masa Romawi Kuno (13-18 Februari). 

Dua hari pertama, dipersembahkan untuk dewi cinta (queen of feverish love) Juno Februata. Pada hari ini, para pemuda mengundi nama-nama gadis yang namanya keluar harus menjadi pasangannya selama setahun untuk senang-senang dan dijadikan obyek hiburan.

Pada 15 Februari, mereka meminta perlindungan Dewa Lupercalia dari gangguan serigala. Selama upacara ini, kaum muda memecut orang dengan kulit binatang dan wanita berebut untuk dilecut karena anggapan lecutan itu akan membuat mereka menjadi lebih subur.

Ketika agama kristen katolik menjadi agama negara di Roma, penguasa Romawi dan para tokoh agama katolik Roma mengadopsi upacara ini dan mewarnainya dengan nuansa kristiani, antara lain mengganti nama-nama gadis dengan nama Paus dan Pastor.

Diantara pendukungnya adalah kaisar Konstantine dan Paus Gregory I (The Encyclopedia Britannica, sub judul : Christianity). Agar lebih mendekatkan lagi pada ajaran kristen, pada 496 M Paus Gelasius I menjadikan upacara Romawi Kuno ini menjadi Hari Perayaan Gereja dengan nama Saint Valentine's Days untuk menghormati St. Valentine yang kebetulan mati pada 14 Februari (The World Book Encyclopedi 1998)


Hubungan Hari Kasih Sayang dengan Hari Valentine

The Catholic Encyclopedia Vol. XV sub judul St.Valentine menuliskan ada 3 nama Valentine yang mati pada 14 Februari, seorang diantaranya mati pada masa Romawi. Akan tetapi tidak pernah ada penjelasan siapa "St Valentine" yang dimaksud, termasuk kisahnya yang tidak pernah diketahui ujung-pangkalnya karena tiap sumber mengisahkan cerita yang berbeda.


Asal Mula Hari Valentine Versi 1

Di versi pertama, Kaisar Claudius II memerintahkan menangkap dan memenjarakan St. Valentine karena menyatakan Tuhannnya adalah Isa Al-Masih dan menolak menyembah tuhan-tuhan orang Romawi.

Orang-orang yang mendambakan St. Valentine lalu menulis surat dan menaruhnya di teralis penjaranya.


Asal Mula Hari Valentine Versi 2

Versi kedua menceritakan Kaisar Claudius II menganggap tentara muda yang belum menikah lebih tabah dan kuat dalam medan pertempuran daripada orang yang sudah menikah.

Kaisar lalu melarang para pemuda untuk menikah, namun St. Valentine melanggarnya dan diam-diam menikahkan banyak pemuda sehingga iapun ditangkap dan dihukum gantung pada 14 Februari 269 M (The World Book Encyclopedia, 1998).


Asal Mula Hari Valentine Versi 3

Versi yang ketiga, menceritakan bahwa sore hari sebelum Santo Valentinus akan gugur sebagai martir (mati sebagai pahlawan karena memperjuangkan kepercayaan), ia menulis sebuah pernyataan cinta kecil yang diberikannya kepada sipir penjaranya yang tertulis "Dari Valentinusmu" (Sumber pembahasan diatas dari wikipedia.org dan lainnya.


Hari Kasih Sayang dalam Islam

Terlepas dari asal mula hari valentine yaitu mengistimewakan satu hari tertentu untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang yang dikasihi.

Islam tidak pernah mengkhususkan hari dan tanggal tertentu untuk menunjukkan rasa kasih sayang kita kepada sesama.

Islam malah mewajibkan ummatnya untuk merayakan cinta kasih setiap hari dan setiap saat. Bukankah dalam islam ada tuntutan untuk memulai segala sesuatu dengan mengucap kalimat basmalah ?

Bismillahirrahmanirrahim yang artinya "Dengan menyebut nama Allah yang Maha pengasih lagi Maha penyayang".

Cara ummat islam merayakan kasih sayang pastinya berbeda dengan kaum jahiliyah. Cara menunjukkan kasih sayang kita kepada orang tua adalah dengan menghormati dan memperlakukan mereka dengan baik sebagaimana tuntunan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam surat Luqman.

Cara kita menunjukkan kasih sayang kepada yang lebih muda adalah dengan membimbing mereka supaya selalu teguh di Jalan Allah dan semacamnya.

Cara menunjukkan kasih sayang kepada orang yang kita sayangi atau cintai tidak dengan cara sayang-sayangan antar sesama anak muda yang belum menikah.

Karena cara menunjukkan rasa sayang dan berpacaran seperti yang dilakukan kebanyakan anak muda sekarang merupakan perbuatan yang dekat dengan dosa zina.


Hukum Hari Valentine dalam Islam

Sungguh ironis melihat kondisi anak muda saat ini. Sebagian mungkin sudah mengetahui kenyataan sejarah diatas.

Namun, mereka seolah-olah menutup mata dan menyatakan boleh-boleh saja merayakan hari valentine yang cikal bakalnya berasal dari ritual paganisme.

Sudah seharusnya kaum muslimin berfikir, bahwa tidak pantas merayakan hari tersebut yang sudah jelas dan nyata bahwa hari valentine adalah ritual non muslim bahkan berasal dari ritual paganisme.

Bahkan secara tegas Rasulullah Shalallahu 'Aalaihi Wa Sallam bersabda,

"Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka" (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Dan juga firman Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan sangat jelas menyatakannya dalam surat Al Isra' ayat 32 yang artinya,

"Dan janganlah kamu mendekati zina, Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al Isra' : 32)

Maka sudah sangat jelas keharaman perbuatan yang sering terjadi pada muda-mudi sekarang ini, apalagi jika ditambah dengan mengkhususkan satu hari untuk melakukannya.


Kenyataan Hari ini

Banyak orang yang melindungi perayaan hari valentine dengan mengatakan hanya bertukar hadiah atau tidak mendekati zina dengan pacaran sehat,dsb. Hal ini merupakan dusta dan hanya menutupi kebathilan.

Karena nyatanya pada setiap perayaan Valentine Day ditemui omzet penjualan kondom di apotik maupun di minimarket melonjak tinggi dan rata di seluruh Indonesia.

Pencarian Google
Sindonews.com


Malangvoice.com

Selain penjualan sering juga didapati kampanye sex aman dan bagi-bagi alat kontrasepsi sebagai perayaan Valentine.

Merdeka.com


Ringkasan Hari Valentine

  • Valentine Day berasal dari upacara keagamaan Romawi Kuno yang penuh dengan paganisme dan kesyirikan.
  • Ritual Romawi Kuno diatas akhirnya dirubah menjadi hari perayaan gereja dengan nama Saint Valentine's Day atas inisiatif Paus Gelasius I. Jadi acara valentine menjadi ritual agama Nashrani yang dirubah peringatannya menjadi tanggal 14 Februari, bertepatan dengan matinya St. Valentine.
  • Hari Valentine juga merupakan hari penghormatan kepada tokoh nashrani yang dianggap sebagai pejuang dan pembela cinta.
  • Pada Perkembangannya di zaman sekarang, perayaan valentine disamarkan dengan nama "hari kasih sayang"
  • Perayaan hari Valentine sangat dekat dengan zina yang dilarang keras oleh islam karenanya perayaan hari valentine juga dihukumi haram


Penutup

Akan tetapi sikap kita jangan langsung mengutuk dan mencaci maki anak-anak muda yang merayakan hari valentine.

Karena sebenarnya mereka juga merupakan korban dari hantaman gelombang budaya sesat dan jahil. Daripada sibuk mengutuk dan mencaci atau memberikan dalil-dalil agama yang mungkin tidak mereka mengerti.

Alangkah lebih baiknya kita selalu memberi nasihat dengan cara yang ma'ruf, memberi pengertian dan juga pemahaman secara perlahan dan memberi contoh yang nyata dalam menunjukkan rasa cinta dan kasih kepada sesama manusia.

Wallahu a'lam Bishowwab

Sumber :
https://remajaislam.com/401-sejarah-kelam-hari-valentine.html
https://www.suaramuhammadiyah.id/2016/02/11/setiap-hari-adalah-hari-kasih-sayang/


Penelusuran Terkait :

  • valentine untuk agama apa
  • hari kasih sayang sedunia
  • hari valentine 2021
  • kapan hari valentine 2022
  • 14 februari sejarah indonesia
  • kapan hari valentine 2020
  • sejarah cokelat di hari valentine
  • apa yang dilakukan di hari valentine


Posting Komentar

0 Komentar